8/8/08

Pengenalan Fi'il, Isim, dan Huruf

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...



Perlu kita ketahui bersama bahwa sebuah kalimat dalam bahasa arab itu tersusun dari tiga hal:





  1. Fi'il (kata kerja)




  2. Isim (kata benda)




  3. Huruf yang memiliki makna





sekarang, mari kita bahas secara singkat istilah-istilah yang telah saya sebutkan di atas;



Pertama: Fi'il (الفعل ِ)



Al Fi'lu atau fi'il secara bahasa memiliki makna perbuatan atau kata kerja. Sedangkan menurut istilah dalam ilmu nahwu, fi'il adalah kata yang menunjukkan suatu makna yang ada pada zatnya serta terkait dengan waktu. Fi'il itu ada tiga:






  1. Fi'il Madhi (فعل الماضي)




  2. Fi'il Mudhori' (فعل المضارع)




  3. Fi'il Amar (فعل الامر)




Penjelasan:





  1. Fi'il Madhi adalah kata kerja untuk masa lampau atau dalam istilah bahasa inggrisnya adalah past tense yang memiliki arti telah melakukan sesuatu. Contohnya: قَامَ (telah berdiri) atau جَلَسَ (telah duduk).




  2. Fi'il Mudhari' adalah kata kerja yang memiliki arti sedang melakukan sesuatu atau dalam istilah bahasa inggrisnya present continues tense. Contohnya: يَقُوْمُ (sedang berdiri) atau يَجْلِسََُ (sedang duduk).




  3. Fi'il Amar adalah kata kerja untuk perintah. Contohnya قُمْ (bangunlah!) atau اِجْلِسْ(duduklah!).





Kedua: Isim (ألاِسْمُ)



Isim secara bahasa memiliki arti yang dinamakan atau nama atau kata benda. Sedangkan menurut ulama nahwu, isim adalah kata yang menunjukkan suatu makna yang ada pada zatnya akan tetapi tidak berkaitan dengan waktu. Isim itu terbagi-bagi menjadi beberapa jenis yang bisa dikelompokkan sesuai dengan kelompoknya. Karena isim banyak sekali, maka kita tidak membahasnya disini. Akan tetapi, untuk memberi pengertian dasar tentang isim, maka berikut contohnya: زَيْدٌ artinya Zaid (Isim 'Alam = nama orang), جََاكَرْتَا artinya Jakarta (nama tempat), هَذَا artinya ini (kata tunjuk), اَنَا artinya saya (kata ganti) dan contoh-contoh yang lain.



Ketiga: Huruf yang memiliki arti (الْحَرْفُ)



Huruf secara bahasa memilki arti huruf seperti yang kita kenal dalam bahasa indonesia ada 26 huruf. Sedangkan dalm bahasa arab kita mengenal ada 28 huruf yang kita kenal dengan huruf hijaiyah. Akan tetapi, huruf yang dimaksud disini bukan setiap huruf hijaiyah melainkan huruf hijaiyah yang memiliki arti seperti وَ(dan) فَ(maka) بِ(dengan)لِ (untuk) سَ(akan) كَ(seperti). Adapun huruf-huruf seperti Alif, Ta, Tsa, dan yang lain yang tidak memiliki arti maka tidak dapat menyusun suatu kalimat, melainkan hanya menyusun suatu kata saja.



Maka dapat kita simpulkan bahwa fi'il adalah kata kerja, isim adalah kata benda dan setiap kata selain kata kerja, dan huruf disini adalah setiap huruf hijaiyah yang memiliki arti.



Selesai... semoga Allah memudahkan kita dalam menuntut ilmu.. Amien..

11 komentar :

Ahmad Syahida Al-Hadi said...

Assalamu'alaikum, ya syekh, syukron nech postingnya, afwan ane tolong diizinin ya, ngelink posting ini di blog ane buat bahan materi bahasa arab murid2 ane, syukron. Jazakumullah khoirin katsiron.

yudi cahyadi said...

saya masih baru belajar, penjelasan diatas cukup bisa dimengerti meski masih banyak pertanyaan bagi saya tapi itu wajar bagi saya yang pemula, terima kasih atas artikel2 seperti ini buat saya ini sangat membantu, insyaALLAH mudah2an saya bisa dan bermanfaat amien


trim, wassalamu 'alaikum

Annisa Sholihah said...

Assalamu'alaikum ustadz, ana izin ngambil tulisannya ya, untuk kami pelajari di majlis ta'lim. Alhamdulillah, teman-teman kami bersemangat dalam Belajar Bahasa Arab. Jazakumullah khairan.

www.foswat.wordpress.com

Sobarudin said...

Assalamu'alaikum,,, saya sangat tertarik setelah melihat WEBSITE ini,,, terus terang saya ingin banyak belajar bahasa Arab.. mungkin saya bisa dapat informasi dimana. Dengan melihat web ini bukan berarti tdk mungkin namun tdk akan terarah bila tanpa pendamping (Ustadz),
sebagai contoh yg saya lihat di web ini ttg fi'il Madhi,dst. bgm dengan kata ganti orang ( huwa, huma, hum, dst) demikian, terima kasih atas informasi dan penjelasannya.
Jazakumullah khoirin katsiron.

Iman said...

abang, postingan tentang dasar ilmu nahwu yang lain beserta contoh yang lengkap mana lagi ?? :D

sarah said...

eh lo khusnul anak nguruki bkn...
tmn gw nwmw'a khusnul khatimah juga.,

serius gw.,
tp klo salah, ya maap..
kalo iia, ni gw ayu nuL.
tmn SMP lo.
ah......., so' ga bs b.arab lo....
kalo emang lo khusnul tmn gw, sms gw yaw
numb gw 02170678285

Aisyah said...

Ass. Ustdz ... izin dicopy, ya! Soalnya saya ketinggalan mata kuliah bhs Arab di kampus. InsyaAllah, akan sangat bermanfaat. Jazkml. Wass.

dave said...

ass,makasih y...atas ustad,akhr ny tugs kmi slesai jga..!

rizxa said...

thnxxxx for alll.......... :oops:

rizxaa said...

thnxx for alll...........

puji m fatan said...

aslmkm ustadz... afwan ya... izin di copy bwat nyelesaiin tugas ane ustadz... barokallahu fik ya ustadz...