9/27/09

Kenapa wazan sharaf menggunakan kata فَعَلَ ?

Untuk yang pernah belajar sharaf, pasti tau bahwa wazan tashrif menggunakan kata fa'ala..  pada tutorial ilmu sharaf yang kami buat pun kami gunakan wazan fa'ala..tapi pernahkah kita bertanya, kenapa dipilih kata ini?? mari kita simaka jawabannya:

Apa itu wazan sharaf (tashrif)?

Standar (rumus) yang ditetapkan ulama sharaf untuk mengetahui kondisi susunan kata

Apa faidah wazan?

Menjelaskan kondisi kata serta perubahannya, kata pokok dan tambahannya, dengan ungkapan paling ringkas dan lafadz termudah

Kenapa Ulama Sharaf menjadikan kata “فَعَلَ “ yang memiliki arti “telah melakukan” sebagai rumus perubahan (tashrif)?


  • Kata yang dapat berubah dan memiliki banyak bentuk perubahan adalah fiil dan isim yang terkait dengannya

  • Unsur penyusun ( ف ع  ل ) adalah unsur yang paling sempurna dan paling umum. Setiap kejadian / perbuatan disebut dengan fi’il

  • Makhroj huruf ada tiga : tenggorokan (halq), lidah (lisan) dan dua bibir (syafatain). Kata فَعَلَ meliputi semua makhroj dimana ف   syafatain, ع tenggorokan, dan ل  lidah.

  • Karena kata فَعَلَ termasuk tsulasy (terdiri dari 3 kata) sedangkan jenis tsulats adalah lafadz arab yang paling banyak digunakan. Karena kalau diambil kata dari jenis ruba’iy dan khumasy sebagai rumus, tidak memungkinkan untuk jenis tsulatsy kecuali dengan membuang 1 atau 2 huruf sedangkan menambah lebih mudah dari mengurangi.


* disarikan dari Diktat Kuliah Ilmu Sharaf 1,  Al Maadinah International University

"Akhukum fillah"

Khairul Umam Al Batway

1 komentar :

rosna said...

Assalamu'alaikum wr wb
saya senang dengan adanya situs-situs yang memuat materi-materu bahasa arab seperti nahwu dan sharaf. tolong lengkapi lagi dengan soal-soal yang kreatif dan inovatif untuk memudahkan siswa dalam belajar nahwu sharaf di kalangan sekolah formal seperti MTs. tanpa meninggalkan kaidah-kaidah bahasan (nahwu dan sharaf) yang ada seperti dalam jurumiyah atau bahkan alfiyah ibn malik. contoh untuk menentukan lafadz dalam kalam, siswa diberikan pertanyaan: apakan cicih termasuk lafaz, atau pertanyaan yang dibuat sedemikian rupa seperti game, quis dll.
selain itu, saya mengharap situs-situs islam juga memuat silabus, kurikulum atau RPP yang baik untuk sekolah-sekolah formal mengenai nahwu dan sharaf agar materi nahwu sharaf menjadi memasyarakat di sekolah -sekolah yang nota bene Islam.